Pembelajaran

1. Keteladanan
Pendidikan dengan keteladanan akan sangat efektif diterapkan kepada siswa terutama dalam pendidikan nilai/karakter.  Semua guru, karyawan ataupun pengurus yayasan harus mampu memberikan keteladan kepada siswa karena semua adalah guru.
2. Pembelajaran kontekstual
Pembelajaran disesuaikan dengan kondisi riil yang dihadapi siswa dalam kehidupan keseharian. Hal ini akan menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan mudah dipahami oleh siswa. Siswa belajar langsung dari obyek dan sumber belajar primer.
3. Pembiasaan
Pembiasaan akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan sikap siswa dalam kehidupan sehari-hari.
4. Cerita
Metode cerita adalah salah satu metode pembelajaran yang sangat digemari oleh siswa karena melibatkan emosi mereka. Tentang sejarah nabi, sahabat, generasi salafussalih, kisah orang-orang sukses dan lain-lain.
5, Motivasi berprestasi
10 menit pertama masuk sekolah siswa akan mendapatkan motivasi yang akan membangkitkan semangatnya untuk belajar dan untuk membangun visi dalam hidupnya.
6. Mabit
Mabit adalah pembelajaran yang dilaksanakan pada sore hingga pagi hari di sekolah. Suasana belajar yang lain ini menjadikan suasana yang berbeda juga bagi siswa. Taushiyah, shalat malam berjama’ah, muhasabah akan menjadikan siswa semakin kokoh keimanannya dan semakin terbangun afeksinya.
7. Outbond
Outbond sangat efektif dalam menumbuhkan kepemimpinan, kerja sama dan kepercayaan diri siswa. Siswa belajar diluar kelas dengan kondisi yang sangat alami dan menyenangkan dengan permainan-permainan yang edukatif.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: